PASANG IKLAN DISINI

Negara Mana Paling Suka Minuman Beralkohol ? Jawabnya Adalah Uni Emirat Arab

Jakarta - Negara mana yang rakyatnya paling gemar mabuk-mabukan? Jawaban dari Jurnal Kesehatan Lancet cukup mengejutkan: Uni Emirat Arab. Tingkat konsumsi alkohol di negara mayoritas muslim itu mencapai 32,8 liter alkohol per kapita per tahun.



Sebagai perbandingan, Jerman yang punya banyak varian bir, rakyatnya cuma mengonsumsi 14 liter alkohol per kapita per tahun. Demikian juga Inggris, yang dikenal sebagai bangsa pencandu minuman keras, ternyata konsumsinya cuma mencapai 13,8 liter per kapita per tahun.

Laporan yang dilansir ulang the Independent, Selasa (9/2) ini mengatakan, selain Uni Emirat Arab, negara lain yang tingkat konsumsi alkoholnya tinggi adalah Chad di tengah Benua Afrika. Data yang tak jauh beda disajikan oleh laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dua tahun lalu.

Namun editorial Lancet mengatakan negara paling patut waspada dengan tingginya konsumsi alkohol adalah China. Berkembangnya kelas menengah di Negeri Tirai Bambu membuat semakin banyak orang menenggak minuman keras.

"Pertambahan jumlah konsumen alkohol yang berdampak pada status kesehatan masyarakat ini diabaikan oleh pemerintah China," seperti dikutip dari laporan Heng Jian, Robin Room, dan Wei Hao ini.

Rerata konsumsi alkohol di China sekarang mencapai 15,1 liter per kapita per tahun.


Category Article